JAGA KESEHATAN DAN KEBUGARAN TUBUH

Selasa, 7 November 2017 07:55:08 - Oleh : pkrs

POLIKLINIK SPESIALIS BEDAH SORE

SAYANGI DIRI ANDA DAN KELUARGA DARI BAHAYA ASAP ROKOK

PELAYANAN POLIKLINIK JANTUNG RSUD WATES

PELAYANAN POLIKLINIK SPESIALIS JANTUNG SORE HARI

GERAKAN MASYARAKAT HIDUP SEHAT (GERMAS)

JAGA KESEHATAN DAN KEBUGARAN TUBUH YUK…………

Oleh: PKRS RSUD Wates

Menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh merupakan hal yang sangat penting. Hal ini karena dengan memiliki tubuh yang sehat dan bugar dapat mencegah tubuh terserang penyakit sehingga kita dapat tetap menjalankan aktifitas sehari-hari.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh, salah satunya adalah dengan cara peningkatan gaya hidup sehat melalui perilaku CERDIK yaitu:

·     Cek Kondisi Kesehatan Secara Berkala

Tujuan melakukan cek kesehatan secara berkala adalah untuk membandingkan status kesehatan kita sebelumnya, apakah terjadi penurunan atau peningkatan kondisi kesehatan. Gejala penyakit yang tidak terdeteksi dari dini dapat berakibat fatal pada kesehatan.

·     Enyahkan Asap Rokok

Bahaya asap rokok bagi kesehatan tubuh bukan menjadi rahasia umum lagi. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan adalah dengan menghindari asap rokok bagi perokok pasif, dan berhenti merokok bagi perokok aktif.

·     Rajin Aktifitas Fisik

Rajin aktifitas fisik dapat dilakukan dengan cara olah raga secara teratur. Seperti yang kita ketahui bahwa olahraga mempunyai banyak manfaat yang baik bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Olahraga yang dapat kita lakukan banyak jenisnya, contohnya: senam sehat, lari, bulutangkis, tennis, bersepeda, dll.

·     Diet Sehat Dengan Kalori Seimbang

Makanan sehat adalah makanan yang mengandung gizi seimbang, kaya akan serat dan yang akan dibutuhkan untuk perkembangan tubuh. Dilihat dari kandungannya, makanan sehat adalah makanan yang mengandung karbohidrat, protein, mineral, vitamin, dan lemak tak jenuh.

·      Istirahat Yang Cukup

Istirahat cukup merupakan bagian dari gaya hidup sehat. Istirahat atau tidur yang cukup dapat berdampak baik bagi kesehatan. Waktu istirahat atau tidur yang ideal bagi orang dewasa adalah 7-9 jam perhari.

·      Kendalikan Stress

Stress telah menjadi bagian dari kehidupan kita sehingga mengendalikan stress menjadi bagian yang harus kita biasakan agar dampak buruk dari stress tidak mengganggu kita, terutama mengganggu kesehatan.

 Dari beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh seperti yang tersebut diatas, rajin melakukan aktifitas fisik dengan olah raga teratur adalah salah satu cara yang dapat kita lakukan. Salah satu bentuk aktifitas fisik yang mudah dan menyenangkan untuk dilakukan adalah senam sehat.

Sebagai bukti kepedulian terhadap pentingnya menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, RSUD Wates mengadakan senam sehat bagi karyawan yang dilakukan satu minggu sekali. Senam sehat ini dilaksanakan di Auditorium RSUD Wates setiap hari jum’at selama kurang lebih 45 – 60 menit mulai pukul 07.15, sebelum melakukan pelayanan kepada masyarakat. Meskipun belum bisa diikuti oleh semua karyawan, karena tetap harus ada karyawan yang bertugas melakukan pelayanan, diharapkan kegiatan ini dapat mempertahankan status kesehatan dan kebugaran tubuh karyawan sehingga dapat tetap memberikan pelayanan secara prima kepada masyarakat.

Senam adalah gerakan-gerakan tubuh yang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan, baik kesehatan fisik maupun kesehatan psikis. Beberapa manfaat senam bagi kesehatan adalah sebagai berikut:

1.    Memperkuat otot tangan dan kaki

Dalam senam sebagian besar gerakannya tertumpu pada kaki dan tangan. Oleh karena itu bagi orang-orang yang senang berolah raga senam akan mengalami perkembangan otot baik pada tangan maupun kaki.

2.    Memperlancar peredaran darah

Gerakan-gerakan senam dapat meningkatkan suhu tubuh hal ini dapat memberikan pengaruh kepada pembuluh darah sehingga mampu memperlancar peredaran darah. Sirkulasi darah yang baik akan mengurangi resiko terserang penyakit misalnya, stroke atau penyakit jantung,

3.    Menjaga berat badan tubuh

Seperti olahraga pada umumnya senam juga efektif untuk membakar kalori. Cadangan energi didalam tubuh yang tersimpan sebagai lemak, lambat laun akan terbakar dan mengurangi penyimpanan lemak yang dapat menyebabkan obesitas.

4.    Mengatasi stress

Senam dapat membuat tubuh lebih rileks ini disebabkan karena senam dapat membantu mengubah aliran-aliran darah ke otak yang terlibat dalam mengurangi stress.

Demikian tadi beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan dan kebugaraan tubuh. Cintai kesehatan diri kita, mencegah penyakit lebih baik dari pada mengobati. Semoga bermanfaat. (pkrs rsud wates).



 

« Kembali | Kirim | Versi cetak