SAYANGI DIRI ANDA DAN KELUARGA DARI BAHAYA ASAP ROKOK

Kamis, 28 Desember 2017 22:50:33 - Oleh : pkrs

LAPORAN PELAKSANAAN SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT DI RSUD WATES

SEMINAR "KARTINI TANGGUH JAMAN NOW"

DOWNLOAD ULANG APLIKASI PENDAFTARAN ONLINE

PENUHI KEBUTUHAN VITAMIN DAN MINERAL BAGI TUBUH

TEMU MITRA PELAYANAN RSUD WATES

SAYANGI DIRI ANDA DAN KELUARGA DARI BAHAYA ASAP ROKOK

       Merokok merupakan aktivitas yang berdampak merugikan bagi kesehatan individu, keluarga, masyarakat dan lingkungan, baik secara langsung maupun tidak langsung, sehingga perlu upaya pengendalian dampak rokok terhadap kesehatan. Sebab dalam rokok tersebut terkandung lebih dari 4000 jenis bahan kimia berbahaya bagi kesehatan, mulai dari nikotin maupun zat lainnya yang bisa menyebabkan kanker dan zat beracun bagi tubuh lainnya

       Merokok mungkin merupakan hal biasa bagi sebagian orang karena bisa menjadikan hidupnya lebih semangat, ada juga karena ingin terlihat trendi di hadapan teman dan orang-orang disekitarnya. Sedangkan sebagian beranggapan bahwa kalau tidak merokok hidupnya terasa ada yang kurang enak dan mulut terasa seakan kecut dan tidak enak.

      Tapi mereka tidak tahu apa sebenarnya bahaya dari merokok untuk kesehatan dirinya sendiri, dan juga orang-orang  disekitarnya. Aktivitas merokok bisa merusak kesehatan dan untuk yang menghisap asap rokok (perokok pasif) mempunyai risiko terkena peyakit yang sama.

        Untuk itulah pada kesempatan ini kami ingin memberikan sedikit artikel tentang bahaya merokok bagi kesehatan. Dan semoga bisa membantu dalam rangka mengkampanyekan bahaya merokok dan membangun kesadaran untuk berhenti merokok.

Tahukah Anda Bahaya Merokok Bagi Kesehatan?

Beberapa penyakit berbahaya yang diakibatkan oleh rokok :

1.  Penyakit paru-paru

      Efek dari perokok yang paling pertama merusak organ tubuh akibat asap rokok adalah paru-paru. Asap rokok tersebut terhirup dan masuk ke dalam paru-paru sehingga menyebabkan paru-paru mengalami radang, bronchitis, pneumonia. Maka sebaiknya sebelum hal itu terjadi lebih baik berhenti merokok dari sekarang juga. Bukankan lebih baik mencegah daripada mengobati? Dengan demikian sebelum terjadi penyakit bahaya tersebut sebaiknya cegah dengan berhenti merokok.

2. Penyakit impotensi dan organ reproduksi

       Efek bahaya merokok bagi kesehatan lainnya adalah bisa mengakibatkan impotensi, kasus seperti ini sudah banyak dialami oleh para perokok. Sebab kandungan bahan kimia yang sifatnya beracun tersebut bisa mengurangi produksi sperma pada pria. Bukan hanya itu saja, pada pria juga bisa terjadi kanker di bagian testis. Oleh sebab itu, sebelum hal itu terjadi maka kurangi secara perlahan konsumsi rokok Anda. Terutama untuk usia remaja karena efek bahaya merokok bagi kesehatan remaja yang bisa menyebabkan resiko tidak memiliki keturunan. Sedangkan pada wanita yang merokok, efek dari rokok juga bisa mengurangi tingkat kesuburan wanita.

3. Penyakit lambung

        Hal yang terlihat sepele ketika menghisap rokok adalah aktifitas otot di bawah kerongkongan semakin meningkat. Otot sekitar saluran pernafasan bagian bawah akan lemah secara perlahan sehingga proses pencernaan menjadi terhambat. Bahaya merokok bagi kesehatan juga bisa dirasakan sampai ke lambung, karena asap rokok yang masuk ke sistem pencernaan akan menyebabkan meningkatnya asam lambung. Jika hal ini dibiarkan terus menerus maka bukan tidak mungkin akan menjadi penyakit yang lebih kronis seperti tukak lambung yang lebih sulit diobati. Tentu jika Anda sudah mengetahui risiko ini kesadaran untuk berhenti merokok bisa semakin tinggi.

4. Resiko stroke

        Pada perokok aktif bisa saja menderita serangan stroke, karena efek samping rokok bisa menyebabkan melemahnya pembuluh darah. Ketika pelemahan tersebut terjadi dan kerja pembuluh darah terhambat bisa menyebabkan serangan radang di otak. Hal itulah yang bisa berisiko terjadi stroke meskipun orang tersebut tidak ada latar belakang darah tinggi atau penyakit penyebab stroke lainnya. Penyebab stroke tersebut bersumber dari kandungan kimia berbahaya seperti nikotin, karbon monoksida dan gas oksidan yang terkandung dalam rokok. Sehingga bahaya merokok bagi kesehatan dapat menyebabkan stroke,  hampir 505 terjadi pada seorang perokok aktif dibanding bukan perokok.

Cara untuk berhenti merokok, diantaranya:

1.  Berhenti seketika.

    Hari ini anda merokok besok anda berhenti sama sekali. Untuk kebanyakan       orang, cara  ini paling berhasil

 2.  Kurangi Secara Bertahap

    Jumlah rokok yang dihisap setiap hari dikurangi secara berangsur-angsur dengan jumlah yang sama sampai 0 batang pada hari yang ditetapkan. Misalnya hari pertama berhenti merokok, menghabiskan 10 batang, hari ke-2 atau ke-3 turun jadi 8 batang, dan seterusnya.

Tips Berhenti Merokok

1. Motivasi, yakni bulatkan tekad untuk berhenti merokok.

2. Berhenti merokok seketika atau total, atau melakukan pengurangan jumlah rokok yang dihisap secara bertahap.

3. Kenali waktu dan situasi dimana anda paling sering merokok.

4. Tahan keinginan merokok dengan menundanya.

5.  Berolahraga secara teratur.

6.  Minta dukungan dari keluarga dan sahabat.

7.  Konsultasi dengan dokter atau tenaga kesehatan.

        Udara yang bersih, sehat dan bebas dari asap rokok merupakan hak asasi bagi setiap orang sehingga diperlukan kemauan, kesadaran dan kemampuan dari berbagai pihak untuk membiasakan pola hidup sehat.Demikian artikel dari kami, dengan tidak merokok hidup anda akan lebih sehat...semoga bermanfaat...(PKRS RSUD Wates)

 

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak