TETAP CERDIK SELAMA RAMADHAN

Selasa, 7 Mei 2019 10:31:09 - Oleh : @pkrs

SELAMAT HARI ANAK NASIONAL

PELAYANAN SENAM IBU HAMIL DI RSUD WATES

STUDI BANDING AKREDITASI SNARS EDISI 1 DI RSUD WATES DARI RSUD JEND. A. YANI METRO

PESERTA YANG DINYATAKAN LULUS SELEKSI WAWANCARA PENGADAAN TENAGA KONTRAK RSUD WATES 2019

PESERTA YANG LULUS TES POTENSI AKADEMIK DAN TES SUBSTANTIF

TETAP CERDIK SELAMA RAMADHAN

       Bulan Ramadhan telah datang. Bagi umat muslim ini adalah saatnya untuk memperbanyak amalan ibadah. Segala kegiatan akan difokuskan untuk mencari pahala sebanyak-banyaknya. Berbagai rangkaian mulai dari sahur, puasa, berbuka, taraweh, mengaji, dan lain sebagainya harus dilakukan oleh mereka yang berkewajiban menjalankan. Supaya ibadah tetap lancar, rangkaian kegiatan tersebut tentu juga harus dibarengi dengan usaha menjaga kesehatan supaya tubuh tetap bugar dan produktif selama berpuasa.

     Untuk menjaga supaya tubuh tetap sehat, bugar dan produktif, kita dapat melaksanakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dengan CERDIK selama Ramadhan. Nah, bagaimana kita bisa tetap CERDIK selama Ramadhan? Berikut ini akan kami sampaikan tips-tipsnya :

CEK KESEHATAN…

Selama menjalankan ibadah Ramadhan, jangan lupa untuk selalu mengecek status kesehatan kita, terlebih bagi yang mempunyai riwayat penyakit, seperti Diabetes Mellitus, Hipertensi, penyakit Jantung, dan penyakit kronis lainnya. Bagi mereka yang tidak mempunyai riwayat gangguan kesehatan maupun penyakit tertentu, cek kesehatan yang paling sederhana dan murah yang dapat dilakukan setidaknya meliputi cek tekanan darah, berat badan, dan lingkar perut.

ENYAHKAN ROKOK…

Sepanjang siang selama menjalankan ibadah puasa, tentu dilarang untuk menghisap rokok karena dapat membatalkan puasa. Namun begitu, merokok setelah saat berbuka tiba bukan merupakan hal yang dapat dibenarkan. Justru itu, jadikanlah momen berpuasa ini sebagai sarana atau cara untuk berhenti merokok selamanya.

RAJIN AKTIVITAS FISIK…

Beraktivitas fisik selama berpuasa mungkin menjadi salah satu hal yang paling tidak menyenangkan untuk dilakukan. Lemas karena tidak makan dan minum sepanjang hari umumnya menjadi alasan utama untuk tidak beraktivitas fisik. Namun begitu, jika alasan ini terus dipelihara tentu akan membuat kita semakin tidak produktif bahkan semakin merasa lemas dan malas. Kita masih bisa kok melakukan aktivitas fisik tanpa merasa khawatir akan kelaparan dan kehausan yang dapat membatalkan puasa kita. Jalan santai maupun bersepeda santa iselama 30 – 60 menit pada pagi atau sore hari dapat menjadi pilihan aktivitas fisik yang bisa kita lakukan selama menjalankan ibadah puasa.

DIET SEIMBANG…

Berbagai macam gorengan dan minuman manis dingin tentu sangat menggoda selera untuk bisa kita santap saat berbuka selepas berpuasa selama seharian penuh. Namun ingat, mengkonsumsi terlalu banyak lemak dan gula tentu dapat mengganggu kesehatan kita. Berbagai penyakit degeneratif timbul karena konsumsi lemak dan gula yang tidak terkontrol. Daripada memilih menu gorengan, berbuka dengan aneka macam buah merupakan pilihan yang lebih menyehatkan. Selain menyegarkan, kandungan gula alami yang terdapat pada buah juga dapat menggantikan energi yang hilang selama berpuasa dengan cepat. Selalu menambahkan menu sayur pada hidangan sahur dan berbuka juga penting dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh karena berbagai kandungan vitamin yang ada di dalamnya. Satu hal lagi yang juga tidak boleh dilewatkan adalah mengatur asupan air minum hingga terpenuhi kebutuhan minimal 1,5 – 2 liter perhari untuk mencegah tubuh dari dehidrasi. Membagi porsi minum pada saat berbuka, sebelum tidur, dan pada saat sahur dapat dilakukan untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan cairan.

ISTIRAHAT CUKUP…

Selama menjalani ibadah puasa, waktu tidur kita biasanya berkurang demi untuk mengejar amalan-amalan ibadah di siang maupun malam hari. Namun begitu, mengatur jadwal istirahat tetap perlu dilakukan untuk mencegah kelelahan yang dapat menurunkan daya tahan tubuh. Mengambil sedikit waktu untuk istirahat/ tidur siang sangat baik untuk memulihkan tenaga selama kita berpuasa.

KELOLA STRES…

Bulan Ramadhan merupakan saat yang sangat berarti untuk lebih mendekatkan diri kepada Sang Pencipta. Ketika kita bisa lebih berserah diri kepada Yang Maha Kuasa diharapkan kita bisa mengelola stres dengan lebih baik.

Demikianlah beberapa tips menjaga kesehatan dengan cara CERDIK selama bulan Ramadhan. Selamat Menjalankan Ibadah Puasa. Semoga dengan tubuh yang sehat dan daya tahan tubuh yang kuat dapat membantu kita lebih khusyuk beribadah satu bulan penuh tanpa ada keluhan kesehatan yang berarti. (pkrs-rsudwates 2019)

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak