PERINGATAN PEKAN ASI SEDUNIA 1 - 7 AGUSTUS 2019

Selasa, 6 Agustus 2019 13:29:58 - Oleh : @pkrs

POLIKLINIK THT TUTUP PADA 23 - 26 OKTOBER 2019

HIDUP SEHAT, BEBAS KUMAN DENGAN CUCI TANGAN

Penyakit Jantung

TALKSHOW "TRESNANI JANTUNGKU"

POLIKLINIK MATA TUTUP PADA TANGGAL 26 - 28 SEPTEMBER 2019

BERIKAN ASI SEBAGAI FONDASI KEHIDUPAN BUAH HATI TERCINTA

 

ASI merupakan makanan terbaik bagi bayi karena mengandung semua zat gizi yang dibutuhkan oleh bayi. Kandungan ASI yang lengkap akan vitamin, protein, karbohidrat, dan lemak juga sangat bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh sehingga bayi tidak mudah terserang penyakit. Melihat begitu banyaknya manfaat ASI bagi bayi, maka ASI dikatakan sebagai “fondasi bagi kehidupan bayi”.

Untuk mendukung produksi ASI, perawatan payudara harus dimulai sejak masa kehamilan. Segera setelah lahir, ibu sehat dan bayi bugar dilakukan Inisiasi Menyusu Dini (IMD). Proses ini berlangsung minimal 1 jam. Bayi akan merespon mencari puting ibu dan menyusu secara alamiah sehingga mendapatkan kolustrum yang kaya akan zat kekebalan.

Setelah melalui proses IMD, pemberian ASI dilanjutkan secara eksklusif selama 6 bulan tanpa memberikan makanan maupun minuman apapun, meskipun hanya sekedar air putih saja. Hal ini dilakukan karena kandungan zat gizi pada ASI sudah dapat memenuhi kebutuhan bayi dan pemberian makanan maupun minuman justru dapat mengganggu sistem pencernaan bayi yang belum siap menerima makanan dari luar.

Ketika bayi sudah melalui usia 6 bulan, bayi bisa dikenalkan makanan pendamping ASI (MP ASI) secara bertahap. Selain memperhatikan bentuk sediaan makanan yang diberikan, ibu juga harus memperhatikan nutrisi yang terkandung pada makanan tersebut. Pada awal pemberiannya, berikan 2 – 3 sendok makan makanan lumat 2 kali sehari. Kemudian tingkatkan frekuensi jumlah, kekentalan, dan variasi makanan secara bertahap. Selama periode ini, ASI tetap terus diberikan semau bayi. Lanjutkan pemberian ASI hingga bayi berusia 2 tahun.

Peringatan Pekan ASI Sedunia yang berlangsung pada tanggal 1 – 7 Agustus mengingatkan kita akan pentingnya manfaat ASI bagi masa depan buah hati tercinta, generasi penerus bangsa. Mari dukung terus pemberian ASI demi keberlangsungan hidup yang lebih baik. Hal ini berlaku bagi seluruh ibu di dunia. Tidak memandang apakah ibu rumah tangga atau ibu pekerja, semua ibu mempunyai hak dan kewajiban yang sama dalam mengASIhi buah hatinya. Dalam hal ini, RSUD Wates juga terus berupaya mengembangkan dan meningkatkan pelayanan untuk mendukung pemberian ASI, baik bagi karyawan maupun masyarakat sekitar. Adanya layanan Poliklinik Laktasi serta pengaturan jam kerja bagi karyawati yang baru saja melahirkan diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi suksesnya program pemberian ASI ini.

« Kembali | Kirim | Versi cetak