PERINGATI HARI OLAHRAGA NASIONAL

Senin, 9 September 2019 08:12:19 - Oleh : @PKRS

Apel Pagi dilanjutkan Senam Peregangan Karyawan/wati RSUD Wates

POLIKLINIK THT TUTUP PADA 23 - 26 OKTOBER 2019

HIDUP SEHAT, BEBAS KUMAN DENGAN CUCI TANGAN

Penyakit Jantung

TALKSHOW "TRESNANI JANTUNGKU"

POLIKLINIK MATA TUTUP PADA TANGGAL 26 - 28 SEPTEMBER 2019

PERINGATI HARI OLAHRAGA NASIONAL

“AYO OLAHRAGA, BAHKAN DI SELA WAKTU KERJA”

 

Hari Olahraga Nasional diperingati setiap tanggal 9 September. Dari sisi kesehatan, momentum ini diperingati agar kita selalu mengingat berbagai manfaat penting dari olahraga. Selain dapat meningkatkan kebugaran tubuh, olahraga yang teratur juga dapat menghindarkan kita dari berbagai ancaman Penyakit Tidak Menular, seperti Stroke, Hipertensi, Gagal Jantung, Diabetes, Kanker, dan lain sebagainya.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal, olahraga sebaiknya dilakukan secara rutin setiap hari selama 30-60 menit. Namun begitu, olahraga juga dapat dilakukan kapan saja, dimana saja, apapun jenis olahraganya, bahkan dengan kostum seadanya. Beberapa jenis olahraga ringan dapat dilakukan di sela-sela waktu kerja. Senam peregangan misalnya. Gerakan-gerakan yang dilakukan selama senam peregangan dapat mencegah terjadinya kekakuan otot dan sendi akibat berada pada posisi yang sama dalam jangka waktu lama, seperti duduk maupun berdiri sepanjang hari. Kekakuan otot dan sendi ini bisa terjadi di berbagai bagian tubuh, mulai dari kaki, tulang belakang, tangan, bahu, hingga leher. Beberapa orang mungkin berfikir bahwa kekakuan otot hanyalah masalah sepele. Namun ternyata kekakuan otot dan sendi yang tidak diatasi dengan baik juga dapat mengakibatkan cidera serius yang dapat menggangu produktifitas kerja.

Senam peregangan dilakukan dengan cara menggerakkan otot dan sendi kepala, leher, bahu, lengan, pinggang, dan kaki secara perlahan serta menahan otot dan sendi pada posisi teregang selama 8-10 detik. Tak perlu membutuhkan waktu lama, senam ini dapat dilakukan hanya dengan total waktu 3-5 menit saja dan dilakukan setiap 2 jam sekali ketika kita berada pada posisi kerja yang sama.

Untuk meningkatkan semangat kerja serta kualitas kesehatan karyawan sekaligus mengkampanyekan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), setiap hari Senin setelah apel pagi di halaman RSUD Wates dilakukan senam peregangan secara bersama-sama oleh seluruh karyawan, termasuk para pimpinan rumah sakit. Selain itu, setidaknya seminggu sekali karyawan RSUD Wates juga melakukan senam sehat bersama selain aktivitas olahraga lain sesuai minat masing-masing.

Ayo Olahraga… Bersama Kita Ciptakan Lingkungan Kerja Yang Sehat, Bugar, dan Produktif…(-PKRS RSUD Wates-)

 

 

 

 

 

 

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak