PPELAYANAN POLI REHABILITASI MEDIK RSUD WATES

Pelayanan Poli Rehabilitasi Medik RSUD Wates

Oleh : Unit PKRS

Apa Itu Pelayanan Rehabilitasi Medik?

Pelayanan rehabilitasi medik adalah pelayanan kesehatan terhadap gangguan fisik dan fungsi yang diakibatkan oleh keadaan/kondisi sakit, penyakit atau cidera, melalui paduan intervensi medik, ketrampilan fisik, keteknisian medik dan atau rehabilitatif untuk mencapai kemampuan fungsi yang optimal.

Siapa Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi Medik (SpKFR)

Dokter SpKFR adalah dokter penanggung jawab pasien (DPJP) Rehabilitasi Medik meliputi; pemeriksaan, diagnosis medik dan fungsional, menyusun program/terapi, evaluasi, prognosis fungsional, melakukan upaya promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif.

Falsafah Pelayanan Rehabilitasi Medik Adalah:

Meningkatkan kemampuan fungsional seseorang sesuai dengan potensi yang dimiliki, untuk mempertahankan dan atau meningkatkan kualitas hidup dengan cara mencegah atau mengurangi impairmen, disabilitas dan handicap semaksimal mungkin.

Pelayanan Rehabilitasi Medik Meliputi:

1. Psikolog Klinis

Menangani masalah kejiwaan dan mental pasien maupun keluarga pasien (Psikoanalisis, motivasi, support mental) pemeriksaan IQ

2. Pelayanan Fisioterapi

Untuk memelihara, mengembangkan dan memulihkan gerak dan fungsi tubuh  sepanjang daur kehidupan dengan menggunakan penanganan secara manual, peningkatan gerak, peralatan (fisik, elektroterapi, dan mekanis)pelatihan fungsi dan komunikasi. Lasser terapi, tapping, terapi pemanasan (IR, MWD, SWD, Ultrasound), terapi listrik (ES, TENS), traksi lumbal, traksi cervical, terapi latihan (latihan lingkup gerak sendi, penguatan otot, kebugaran aerobic, peregangan otot, mobilisasi jalan, pernapasan, manipulasi, latihan koordinasi motoric kasar, neurodevelopmental therapy dll)

3. Pelayanan Terapi Wicara

Untuk memulihkan dan mengupayakan kompensasi atau adaptasi fungsi komunikasi, bicara dan menelan dengan melalui pelatihan remediasi, stimulasi dan fasilitasi.

Pelayanan Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi Medik RSUD Wates

1. Rehabilitasi Medik Neuromuskuler (saraf otot)

Cidera otak atau kepala, cidera saraf,  kelumpuhan, nyeri punggung, leher, gangguan memori, dll.

2. Rehabilitasi Medik Muskuloskeletal (otot tulang)

Patah sendi tulang, nyeri otot, nyeri    sendi, pengapuran, rematik, luka bakar, tulang bengkok, kaku sendi, amputasi, dll.

3. Rehabilitasi Medik Pediatri (anak)

Gangguan tumbuh kembang, autis, cacat fisik/ bawaan, kaki bengkok, gangguan pendengaran, gangguan bicara,        hiperaktif, gangguan konsentrasi, gangguan belajar, gangguan pernafasan, kesulitan makan, retardasi mental, dll.

4. Rehabilitasi Medik Geriatri (lansia)

Pada kasus lansia meliputi kelemahan, berbaring lama, pengapuran/ OA,        keropos atau osteoporosis.

5. Rehabilitasi Medik Respirasi (pernafasan)

Pada kasus pernafasan seperti asma, PPOK

6. Rehabilitasi Medik kardiovaskular (jantung)

Pada kasus penyakit jantung yang telah dilakukan pembedahan/ operasi jantung.

7. Rehabilitasi Medik Cidera Olah Raga

Pada kasus setelah terjadinya cidera, setelah operasi sampai kembali ke olah raga

 

Jadwal Pelayanan

Dokter Spesialis Kedokteran Fisik Dan Rehabilitasi

Di Instalasi Rehabilitasi Medik RSUD Wates

dr. Dwi Yuli Hastuti, Sp.KFR

Setiap Hari:

Senin s/d Kamis â Jam: 08.00 s/d 13.00

Jumat â Jam: 08.00 s/d 11.00

Sabtu â Jam: 08.00 s/d 12.00

 

RSUD WATES melayani pelayanan rehabilitasi medik untuk pasien umum, BPJS (PBI dan Non PBI), Jamkesda, Bapel Jamkesos.

Lakukan pemerikaan awal di Puskesmas maupun Dokter Keluarga untuk mendapatkan rujukan ke bagian Spesialis yang dituju di RSUD Wates. Selanjutnya Dokter Spesialis di RSUD Wates akan melakukan pemeriksaan ulang dan jika pasien membutuhkan penanganan ke Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi Medik pasien akan mendapatkaan pengantar ke bagian pelayanan rehabilitasi medik untuk dilakukan pemeriksaan oleh Dokter Sp.KFR. Selanjutnya pasien dibuatkan protokol terapi kartu tindakan rehabilitasi medik dan jadwal terapi untuk pelayanan berikutnya.