PENUHI KEBUTUHAN VITAMIN DAN MINERAL BAGI TUBUH

 

PENUHI KEBUTUHAN VITAMIN DAN MINERAL

DENGAN MENGKONSUMSI SAYUR DAN BUAH SETIAP HARI


        Sayuran dan buah-buahan merupakan sumber berbagai vitamin, mineral, dan serat pangan. Sebagian vitamin, mineral yang terkandung dalam sayuran dan buah-buahan berperan sebagai antioksidan atau penangkal senyawa jahat dalam tubuh. Berbeda dengan sayuran, buah-buahan juga menyediakan karbohidrat terutama berupa fruktosa dan glukosa. Sayur tertentu juga menyediakan karbohidrat, seperti wortel dan kentang sayur. Sementara buah tertentu juga menyediakan lemak tidak jenuh seperti buah alpukat dan buah merah (buah Chery, Anggur merah, apel merah, buah Delima merah, Pear merah, Semangka dan Strawberry).

          Badan Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan konsumsi sayuran dan buah-buahan untuk hidup sehat sejumlah 400 gram per orang per hari, yang terdiri dari 250 gram sayur (setara dengan 2 porsi atau 2 gelas sayur setelah dimasak dan ditiriskan) dan 150 gram buah (setara dengan 3 buah pisang ambon ukuran sedang atau 1 potong pepaya ukuran sedang atau 3 buah jeruk ukuran sedang). Bagi masyarakat Indonesia terutama balita dan anak usia sekolah dianjurkan untuk mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan 300-400 gram per orang per hari dan bagi remaja dan orang dewasa sebanyak        400-600 gram per orang per hari. Sekitar dua-pertiga dari jumlah anjuran konsumsi tersebut adalah porsi sayur.

           Salah satu cara paling sederhana yang dapat di lakukan untuk membuat hidup lebih sehat adalah dengan banyak menkonsumsi sayuran dan buah untuk melindungi anda dari beberapa penyakit kronis semacam kanker, jantung dan stroke.

Oleh karena itu, mulailah dari sekarang untuk mengkonsumsi sayur dan buah agar hidup menjadi lebih sehat dan terhindar dari penyakit.

Dibawah ini kita akan membahas tentang manfaat sayuran dan buah-buahan:

1.    Manfaat yang terkandung dalam sayuran, diantaranya adalah :

       a.    Mencegah dan mengurangi stress berlebih

       b.   Memperlancar buang air besar

       c.    Mencegah penyakit jantung dan kanker

      d.   Mempertahankan berat badan seimbang

      e.   Sumber energi tubuh

      f.     Membersihkan racun dalam tubuh (detoksifikasi)

     g.    Menegah kelahiran bayi cacat

     h.   Menjaga kesehatan mata

     i.      Membuat kulit sehat

     j.     Memperkuat tulang

    k.    Menu makananan sehat

2.    Manfaat buah-buahan untuk tubuh kita

       a. Sumber Vitamin

           Buah merupakan sumber vitamin dan berbagai jenis vitamin ada dibuah

      b.  Sumber Air dan Gizi

         Buah merupakan salah satu sumber air untuk tubuh dan kebutuhan gizi yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

      c.  Sumber Anti Oksidan

         Buah merupakan salah satu antioxidant alami terbesar yang ada di dunia dan dapat menjaga kekebalan tubuh kita.

     d.   Mencegah penyakit tertentu

        Buah-buahan merupakan salah satu cara untuk menghindarkan kita agar tidak terserang penyakit berbahaya dan berbagai penyakit lainnya.

     e.   Obat luar tubuh.

         Buah-buahan juga dapat digunakan untuk penggunaan obat luar seperti jerawat, bisul dan sebagainya.


Manfaat lainnya

a.    Makan buah secara rutin dapat mencegah penyakit jantung, serangan kerusakan hati, stroke dan penyakit kanker.

b.   Buah juga dapat dijadikan diet secara alami yang dapat mencegah kolesterol jahat yang dapat menyerang tubuh kita

c.    Buah juga dapat mencegah tekanan darah tinggi

d.   Buah kaya akan vitamin, mineral, dan zat penting lainnya sehingga dapat menjaga kebugaran tubuh.

Dengan menkonsumsi sayur dan buah setiap hari akan menjadikan hidup kita lebih sehat. Oleh karena itu, marilah mulai dari sekarang mengkonsumsi sayur dan buah setiap hari. Demikian artikel ini kami buat, semoga bermanfaat.....terimakasih....(pkrs RSUD Wates).

Statistik Kunjungan

Online Sekarang20
Unique Visitor Hari Ini38
Unique Visitor Bulan Ini6552
Hits Hari Ini130
Hits Bulan Ini19919