PELAYANAN SENAM IBU HAMIL DI RSUD WATES

 

PERSIAPKAN KELAHIRAN BUAH HATI DENGAN SENAM HAMIL

Senam hamil merupakan salah satu bentuk aktivitas fisik yang dapat dilakukan oleh ibu hamil sebagai upaya menjaga kesehatan sekaligus mempersiapkan kelahiran sang buah hati. Ibu hamil yang sudah memasuki usia kehamilan di trimester kedua sangat disarankan untuk melakukan aktivitas yang sangat mudah dan menyenangkan ini. Dengan rutin melakukan senam hamil, diharapkan ibu hamil dapat lebih siap secara fisik maupun mental dalam menyambut kelahiran buah hati tercintanya.

Seorang ibu hamil yang rutin melakukan senam hamil akan merasakan banyak manfaat, seperti meningkatnya sirkulasi darah, meningkatnya kebugaran jantung, meningkatnya kendali pernafasan, meningkatnya kekuatan otot, serta berkurangnya keletihan dan kecemasan sehingga ibu hamil merasa lebih berstamina, bahagia, dan sejahtera secara psikologis. Ibu hamil yang merasa siap secara fisik dan mental diharapkan dapat melalui proses persalinan dengan lancar dan melahirkan bayi yang sehat.

Senam hamil dapat dilakukan di rumah, namun akan lebih baik jika ketika melakukan aktivitas ini ibu hamil didampingi oleh tenaga terlatih untuk menghindari risiko yang dapat terjadi selama melakukan gerakan senam. Pada saat senam hamil, ibu akan dibimbing bagaimana cara melakukan teknik pernafasan yang benar serta gerakan-gerakan yang dapat memperkuat elastisitas otot sehingga diharapkan keluhan-keluhan yang timbul selama kehamilan maupun pada saat persalinan dapat berkurang.

Ada berbagai macam gerakan senam hamil, antara lain: senam untuk kaki, senam dengan duduk bersila, senam untuk pinggang, cara tidur yang nyaman, latihan saat persalinan, hingga cara untuk memperlancar ASI. Semua gerakan ini menjadi satu rangkaian gerakan yang dilakukan pada saat senam hamil.

Dalam rangka meningkatkan kualitas kesehatan ibu dan bayi, RSUD Wates telah membuka program layanan baru "Senam Hamil" untuk masyarakat umum. Launching perdana layanan ini telah dilaksanakan pada hari Sabtu, 20 Juli 2019. Kegiatan ini dipandu oleh Bidan Profesional yang berkompeten membimbing setiap gerakan pada senam hamil. Selama kegiatan berlangsung, selain melakukan senam hamil para peserta juga dapat berkonsultasi mengenai berbagai masalah seputar kehamilan dan persiapan persalinan.

Selama masa promosi, bagi masyarakat yang tertarik untuk bergabung di layanan baru RSUD Wates Senam Hamil ini dapat langsung menghubungi Contact Person kami Bu Iyas di 0819-0370-4232  untuk mendapatkan fasilitas proses pendaftaran yang cepat dan mudah. Peserta tidak perlu antri lama di bagian pendaftaran dan dapat langsung menuju ke ruang Poliklinik Rehabilitasi Medik pada waktu yang telah ditentukan untuk melakukan senam hamil bersama kami.