Seminar ISK RSUD Wates

Rabu tanggal 04 Desember 2019, bertempat di Ruang Komite Medis dilaksanakan seminar keperawatan internal (inhouse) dengan tema “Peran Perawat dalam Pencegahan dan Penatalaksanaan Infeksi Saluran Kencing (ISK)”. Kegiatan ini merupakan program dari Komite Keparawatan beserta Sub Bagian Diklat RSUD Wates dalam rangka peningkatan pengetahuan dan kapasitas SDM Rumah sakit.  Hadir dalam acara tersebut Direktur RSUD Wates dr Lies Indriyati, Sp.A,  Ka.Bid Keperawatan dan Kebidanan Sumarsi,S.Kep.,Ns., MM. Seminar diikuti oleh perawat dari unit/ruangan yang berjumlah 68 orang .

Tema yang diangkat pada kegiatan ini berdasarkan pada hasil surveillance infeksi Rumah Sakit triwulan pertama thn 2019 dimana ISK terkait pemasangan kateter menjadi infeksi nosokomial dengan insiden rate tertinggi di RSUD Wates. Selain itu adanya kesepakatan diberlakukanya standar pendokumentasian asuhan keperawatan secara nasional dengan menggunakan SDKI, SLKI, dan SIKI merupakan suatu tantangan bagi perawat untuk memperbarui ilmu pengetahuanya. 

Dalam seminar ini disampaikan materi oleh empat narasumber dari perawat yang sudah berkompeten dari internal RSUD Wates.

1.       Asuhan pasien dengan ISK oleh Yuni Very Anto, S.Kep.,Ns., M.Kep

2.       Pencegahan ISK terkait Pemasangan Kateter Urin dari Aspek Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) oleh Ulfah Zuhriani, S.Kep.,Ns

3.       Pendokumentasian Asuhan Sesuai Standard Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS) oleh H. Warsito, S.Kep.,Ns

4.       Penerapan SDKI, SLKI, SIKI dalam Praktek Pelayanan Keperawatan oleh Triani Rahmadewi, S.Kep.,Ns., M.Kep

Kegiatan update knowledge semacam ini direncanakan akan dilaksanakan secara berkelanjutan. Adanya seminar ini semoga dapat meningkatkan mutu pelayanan terhadap pasien RSUD Wates.