TETAP FIT SELAMA RAMADHAN

Bulan Ramadhan telah tiba. Pada masa pandemi seperti saat ini, beberapa diantara kita mungkin khawatir puasa akan menurunkan daya tahan tubuh. Kondisi tubuh yang lemas dan lesu, khususnya saat di siang hari, mungkin akan dialami oleh beberapa orang yang menjalankan puasa Ramadhan. Namun begitu, selama kita menerapkan gaya hidup sehat keadaan ini bisa kita hindari sehingga kita tetap sehat, bugar dan produktif serta mampu melawan COVID-19.

Beberapa cara agar tubuh tetap fit dalam melawan covid 19 selama bulan Ramadhan antara lain:

  1. Jaga Pola Makan Sehat

Untuk memenuhi kecukupan energi dalam menjalani aktivitas selama berpuasa, kita harus menerpakan pola makan yang sehat. Hal ini dapat dilakukan dengan cara:

  1. Sahur dan berbuka puasa dengan menu diit yang seimbang yang terdiri dari makanan pokok, lauk pauk, sayuran ,buah-buahan dan minuman.
  2. Kurangi gorengan
  3. Perbanyak buah dan sayur, terutama yang mengandung banyak Vitamin C yang bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh
  4. Atur porsi minum hingga mencapai 1,5 – 2 liter sehari. Hal ini bisa dilakukan dengan cara minum 2 gelas saat sahur, 2 gelas saat berbuka puasa, dan 4 gelas di malam hari.
  5. Lengkapi dengan suplemen vitamin untuk meningkatkan imunitas
  6. Istirahat Yang Cukup

Istirahat yang cukup serta kualitas tidur yang baik sangat penting untuk menjaga stamina dan imunitas tubuh. Selama Bulan Ramadhan, jadwal istirahat dan tidur kita mungkin akan sedikit terganggu. Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memenuhi kebutuhan istirahat kita antara lain:

  1. Atur pola tidur, sebisa mungkin penuhi kebutuhan tidur minimal 6 jam/pehari
  2. Jika memungkinkan, istirahat siang sejenak dapat dilakukan untuk memulihkan tenaga
  3. Tetap Lakukan Olahraga

Meskipun sedanga berpuasa, namun olahraga juga perlu dilakukan untuk menjaga kebugaran dan ketahanan tubuh. Tidak perlu olahraga berat, cukup lakukan olahraga dengan intensitas ringan-sedang seperti senam, yoga, bersepeda atau jalan santai selama 30-60 menit pada pagi atau sore hari setidaknya 3 kali/minggu.

 

Demikian sedikit tips dari kami. Semoga kita senantiasa diberikan kesehatan dan kelancaran selama menjalani ibadah di bulan penuh berkah ini serta pandemi COVID-19 bisa segera berlalu. (_pkrs_rsudwates_april2020_)