PETUGAS KEBERSIHAN SEBAGAI GARDA TERDEPAN PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT MENDAPATKAN PELATIHAN PENCE

Bukan hanya dokter, perawat, dan tim medis lainnya, para petugas kebersihan (cleaning service) juga merupakan garda terdepan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Seperti yang kita ketahui bersama, Rumah Sakit merupakan tempat bersarangnya berbagai jenis kuman bakteri maupun virus yang berbahaya bagi kesehatan kita. Untuk itu, peran petugas kebersihan sangat penting dalam memutus rantai penularan penyakit infeksi, baik yang disebabkan oleh bakteri maupun virus berbahaya.

Dalam melaksanakan tugasnya, para petugas kebersihan harus paham mengenai prinsip-prinsip Pengendalian dan Pencegahan Infeksi (PPI) di Rumah Sakit. Hal ini sangat penting, terutama pada masa Pandemi Covid-19 seperti saat ini. Petugas kebersihan yang tidak paham tentang prinsip-prinsip PPI tentu tidak akan maksimal dalam melaksanakan tanggung jawabnya dalam menjaga kebersihan lingkungan sehingga mata rantai penularan penyakit infeksi gagal diputus.

Dalam rangka untuk memaksimalkan perannya sebagai garda terdepan pelayanan kesehatan masyarakat, Tim PPI melalui Bagian Diklat RSUD Wates memberikan Pelatihan Pencegahan dan Pengendalian Infeksi Bagi Petugas Kebersihan di RSUD Wates. Pelatihan ini terbagi dalam enam kali pertemuan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang harus dilakukan selama masa pandemi Covid-19, seperti memakai masker, jaga jarak, dan cuci tangan. Dalam pelatihan ini, para petugas kebersihan diberikan materi dan mempraktekkan tata cara prosedur kebersihan tangan, penggunaan Alat Pengendalian Diri (APD), pengendalian lingkungan, pengelolaan sampah, serta penggunaan spill kit.

Dengan semangat memutus mata rantai penularan penyakit infeksi, semoga kegiatan ini dapat menurunkan angka kejadian Infeksi Nosokomial (infeksi yang didapat selama berada di Rumah Sakit) sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan dan derajat kesehatan masyarakat pun juga meningkat. Melalui kegiatan ini juga, semoga Pandemi Covid-19 segera berlalu, tidak ada tenaga kesehatan maupun non-kesehatan yang bekerja di rumah sakit yang terpapar Virus SARS-CoV-2 sehingga kami tetap dapat melayani masyarakat dengan baik. Salam Sehat… (_pkrs@juni2020_)