PERINGATI HARI KELUARGA NASIONAL KE-27 TAHUN 2020, RSUD WATES BERSAMA BKKBN GELAR LAYANAN KB SERENT

Keluarga merupakan satuan unit terkecil yang mempunyai berbagai macam peran dan fungsi.  Dalam tatanan negara, keluarga juga mempunyai peran yang cukup penting dalam upaya memantapkan ketahanan nasional untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa. Dari keluargalah kekuatan dalam pembangunan suatu bangsa akan muncul. Keluarga diharapkan menjadi sumber yang selalu menghidupkan, memelihara dan memantapkan serta mengarahkan kekuatan tersebut sebagai perisai dalam menghadapi persoalan yang terjadi.

Dalam rangka menjalani fungsinya, seperti fungsi reproduksi yang bertanggung jawab, fungsi dukungan ekonomi, dan fungsi perlindungan emosional, sebuah keluarga perlu merencanakan setiap tahapan dalam keluarga dengan baik. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan cara melakukan KB, yaitu dengan merencanakan jumlah keluarga dengan pembatasan yang bisa dilakukan dengan penggunaan alat-alat kontrasepsi atau penanggulangan kelahiran seperti kondom, spiral, IUD, dan sebagainya.

Bertepatan dengan peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) Ke-27, pada hari ini Senin tanggal 29 Juni 2020, RSUD Wates bersama BKKBN menggelar Layanan KB Serentak “One Day Sejuta Akseptor” Bagi Karyawan/Keluarga Pasangan Usia Subur. Kegiatan ini sejalan dengan pesan yang disampaikan pada Peringatan HARGANAS tahun ini yaitu “Jadi Keluarga Keren”, keluarga yang melakukan perencanaan kehidupan berkeluarga dengan baik dan menerapkan  Asah, Asih, Asuh sebagai cerminan delapan fungsi keluarga, serta dalam upaya meningkatkan layanan pada pelanggan internal RSUD Wates, dalam hal ini adalah karyawan maupun keluarganya.

Dalam kegiatan ini ada 62 orang akseptor dari karyawan/keluarga serta beberapa orang pasien yang baru saja menjalani persalinan di RSUD Wates, baik persalinan normal maupun SC yang melakukan KB dengan berbagai macam pilihan alat kontrasepsi, seperti implant, IUD, suntik, pil, maupun kondom. Melalui kegiatan ini, semoga kesejahteraan keluarga Indonesia meningkat sehingga dapat mewujudkan sumber daya manusia yang unggul, menuju Indonesia maju. (_pkrs@Juni2020_)