TIPS MEMAKAI MASKER DENGAN BENAR DAN AMAN

Pada Era Tatanan Kehidupan Baru saat ini, memakai masker merupakan salah satu hal yang wajib untuk dilakukan. Bukan hanya untuk melindungi diri sendiri, masker juga dapat melindungi orang-orang disekitar kita jika digunakan dengan cara yang benar. Cara menggunakan masker ini penting untuk diperhatikan, karena jika penggunaannya hanya asal-asalan jangankan melindungi, masker malah bisa menjadi tempat bersarangnya virus dan bakteri yang membahayakan kesehatan. Lalu bagaimana cara penggunaan masker yang benar dan aman? Perhatikan hal-hal berikut ini.

  1. Sebelum menyentuh masker, hal pertama yang harus kita lakukan adalah mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun.
  2. Ambil masker dengan cara memegang tali pengikatnya (tidak menyentuh bagian kain yang akan menutupi hidung dan mulut).
  3. Perhatikan ukuran dan bentuk masker. Jangan gunakan masker yang longgar maupun yang terlalu kecil.
  4. Pastikan masker dalam keadaan bersih dan tidak rusak.
  5. Jika menggunakan masker bedah atau masker kain dengan model yang berlipat, pastikan lipatan kain pada bagian luar mengarah ke bawah supaya tidak menjadi tempat bersarangnya debu dan kotoran.
  6. Jika menggunakan masker bedah, pastikan kawat berada di bagian atas dan kencangkan mengikuti bentuk hidung serta pastikan tidak ada udara yang keluar dari sisi masker.
  7. Gunakan masker dengan benar. Pastikan masker menutupi mulut, hidung, hingga dagu. Pastikan pula tali terikat dengan baik dan kencang.
  8. Selama menggunakan masker, jangan menyentuh area masker bagian depan.
  9. Jangan gantungkan masker pada leher, jika memang sudah tidak digunakan segera lepaskan masker dengan cara yang benar.
  10. Jangan berbagi masker dengan orang lain.
  11. Hindari melepas masker ketika berada dekat dengan orang lain yang berjarak kurang dari 1 meter.
  12. Ganti masker kain yang telah digunakan selama 4 jam atau ketika masker telah terasa basah.
  13. Sebelum melepaskan masker, cuci tangan dengan handsanitizer terlebih dahulu.
  14. Lepaskan masker dengan cara memegang tali pengikatnya tanpa menyentuh bagian depan masker, didahului dengan tali bagian bawah, lalu tarik masker menjauhi muka.
  15. Buang masker bedah pada tempat sampah khusus. Atau jika menggunakan masker kain dan masih melakukan aktivitas di luar rumah, masukkan masker kain habis pakai ke dalam kantong yang tertutup untuk menghindari kontaminasi dengan barang bawaan yang lain, lalu segera cuci masker kain dengan detergen begitu tiba di rumah.
  16. Jangan lupa cuci tangan dengan air mengalir dan sabun setelah melepaskan masker.

 

Selain hal-hal tersebut di atas, jika menggunakan masker kain, pemilihan bahan dan model masker juga penting untuk dilakukan. Pilihlah masker kain dengan bahan dan model yang nyaman serta tidak membuat sulit bernafas. Ketika kita berencana melakukan aktivitas di luar rumah dengan jangka waktu yang lama, ingatlah untuk selalu membawa masker cadangan sehingga kita bisa menggantinya setiap saat dengan cara yang benar. Gunakan masker dengan kesedaran penuh bahwa ini adalah salah satu upaya perlindungan kesehatan (selain cuci tangan dan jaga jarak ya…) bukan hanya untuk memenuhi aturan semata. Semoga kita senantiasa diberikan kesehatan dan perlindungan. Salam sehat… (_pkrs@juli2020_)