JANGAN LUPA BAHAGIA KARENA BAHAGIAMU ADALAH OBATMU

Pada masa seperti saat ini, dimana pandemi COVID-19 tak kunjung usai bahkan penderitanya semakin meningkat, mungkin beberapa dari kita ada yang merasa tertekan dan cemas. Kekhawatiran akan tertular penyakit serta kondisi perekonomian yang ikut menurun karena adanya pembatasan aktivitas di luar rumah, belum lagi tanggung jawab pendidikan anak yang memerlukan peran aktif orang tua, tak jarang menimbulkan masalah emosional tersendiri bagi masyarakat. Kondisi pandemi ini memang telah berpengaruh banyak pada kehidupan kita. Semua aspek kehidupan ikut terdampak. Jika kita tidak pandai dalam menghadapi situasi seperti sekarang ini, bisa jadi kita akan semakin terpuruk hingga tak bisa bangkit untuk meneruskan kehidupan yang produktif dan berkualitas.

Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menghadapi dan melawan pandemi COVID-19 ini. Mulai dari melakukan upaya pencegahan dengan melakukan perilaku hidup bersih dan sehat hingga melakukan sosialisasi jarak jauh tanpa kontak fisik secara langsung. Selain hal-hal tersebut, masih ada satu lagi hal yang harus dilakukan, yaitu “Jangan Lupa Bahagia”. Dalam menghadapi situasi seperti ini, kita harus tetap tenang dan tidak stres secara berlebihan. Karena stres dan cemas yang berlebihan justru bisa membuat daya tahan tubuh kita menurun sehingga kita menjadi lebih mudah terserang penyakit.

Emosi yang kita rasakan dengan kualitas kesehatan sebenarnya saling terkait. Perasaan positif terhadap hidup dapat memberikan efek kesehatan yang lebih baik. Beberapa manfaat yang bisa kita rasakan ketika merasa bahagia antara lain:

  1. Meredakan Respon Stres

Rasa gembira dapat menekan energi negatif dan meningkatkan energi positif sehingga mengurangi gejala stres.

  1. Mengurangi Rasa Sakit

Tertawa mampu menekan rasa sakit dan meningkatkan kemampuan organ tubuh untuk melawan rasa sakit.

  1. Menstimulasi Organ Tubuh

Tertawa mampu meningkatkan fungsi organ tubuh kita.

  1. Memperbaiki Suasana Hati

Kunci keberhasilan hidup diawali dengan senyum yang tulus dari dalam hati.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Selalu berfikir positif menekan pikiran yang bersifat negatif sehingga pertahanan tubuh tidak menjadi lemah.

Perasaan bahagia merupakan obat yang hanya bisa diciptakan oleh diri kita sendiri. Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk bisa menciptakan rasa bahagia, seperti:

  1. Selalu merasa bersyukur atas segala nikmat yang diberikan oleh Tuhan
  2. Berkumpul dan berbagi cerita dengan keluarga maupun sahabat (meskipun melalui media sosial)
  3. Melakukan hobi yang menyenangkan
  4. Membaca atau mendengarkan cerita-cerita lucu
  5. Melakukan olah raga ringan

Selain yang tersebut di atas, masih banyak lagi hal yang bisa membuat kita merasa bahagia. Tidak perlu biaya mahal dan meluangkan banyak waktu, hanya dengan mengubah sudut pandang kita menjadi pikiran positif maka perasaan bahagia itu pun akan muncul. Jadi, jangan lupa bahagia ya… (_pkrs@agustus2020_)