JAGA KESEHATAN MATA DI ERA SERBA ONLINE

JAGA KESEHATAN MATA DI ERA SERBA ONLINE

 

Pandemi Covid-19 telah mengubah cara kita berinteraksi dengan orang lain. Bukan hanya dalam hal bersosialisasi, namun pembatasan fisik juga telah mengubah cara kita bekerja maupun belajar. Berbagai kegiatan yang biasa dilakukan dengan tatap muka kini harus dilakukan secara jarak jauh melalui perantara media internet. Hal ini tentu membuat kita harus semakin sering menatap layar komputer atau smartphone.

Terlalu lama menatap layar komputer tak jarang membuat mata kita menjadi lelah. Beberapa gejala yang dapat muncul akibat mata lelah antara lain: penglihatan menjadi buram, mata berair, sakit kepala, serta terasa pegal disekitar alis, pelipis, dahi, atau leher. Lalu bagaimana cara mencegah supaya hal tersebut tidak terjadi? Berikut ini kami sampaikan beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mata disaat kita harus berlama-lama menatap layar komputer atau smartphone.

  • Kurangi tingkat kecerahan layar
  • Gunakan komputer atau smartphone maksimal 2 jam dengan jarak baca minimal 40 – 50 cm
  • Setiap 20 menit menatap komputer atau smartphone, istirahatkan mata selama 20 detik & pandanglah benda yang berjarak 20 kaki (6 meter)
  • Lakukan relaksasi mata dengan cara memiijat kelopak mata dan area sekitar wajah untuk meringankan tekanan otot wajah ATAU lirikkan mata ke atas, ke bawah, ke kanan dan ke kiri. Serta jangan lupa sering berkedip untuk melembabkan permukaan mata

Selain hal tersebut di atas, ingatlah juga untuk mengkonsumsi sayur dan buah, terutama yang banyak mengandung vitamin A, seperti wortel, bayam, mangga, pepaya, dll. Dengan mengkonsumsi sayur dan buah, bukan hanya kesehatan mata yang terjaga, namun juga kesehatan seluruh tubuh akan terjaga karena kandungan vitaminnya yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan penyakit. Semoga kita senantiasa diberikan kesehatan dan perlindungan dalam menjalani kebiasaan baru di masa pandemi ini. Salam sehat… (_pkrs@agustus2020_)