KUNJUNGAN KEMENTRIAN KESEHATAN DALAM RANGKA BIMTEK PPI DI RSUD WATES

Wates, 8 September 2020 bertempat di Ruang Komite Medis (Kalibiru), RSUD Wates menerima kunjungan dari Direktorat Pelayanan Kesehatan Rujukan bersama Pokja PPI Kementrian Kesehatan RI. Kunjungan tersebut dimaksudkan untuk melihat bagaimana implementasi prinsip-prinsip Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) diterapkan di RSUD Wates pada masa pandemi COVID-19. Perkembangan kasus pandemi COVID-19, berdampak pada tingginya kebutuhan pelayanan di Rumah Sakit. Petugas Kesehatan berperan penting di garis depan dalam memberikan perawatan kepada pasien. Sehingga perlu di pastikan bahwa langkah langkah Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) diterapkan dan dipatuhi untuk mengurangi resiko infeksi,

Pada sambutannya, Direktur RSUD Wates dr. Lies Indriyati, Sp.A, menyampaikan sekilas mengenai profil RSUD Wates serta berbagai upaya yang telah dilakukan oleh RSUD Wates dalam menghadapi Pandemi COVID-19 yang disesuaikan dengan prinsip-prinsip PPI. Selaku ujung tombak dalam penanganan Pandemi COVID-19, Tim PPI selalu berupaya menerapkan prinsip pencegahan dan strategi pengendalian infeksi serta kewaspadaan pencegahan dan pengendalian infeksi.

Sebagai narasumber Tim Pokja PPI Kementerian Kesehatan yang dipimpin oleh dr. Anung , menyampaikan berbagai hal yang harus diperhatikan dalam upaya penanganan COVID-19 dari sudut pandang PPI. Materi yang disampaikan antara lain :

  1. Prinsip pencegahan dan pengendalian risiko penularan COVID-19 di fasilitas pelayanan kesehatan,
  2. Jenis dan penggunaan APD,
  3. APD dalam masa krisis,
  4. Manajemen penggunaan APD reusable,
  5. Tata kelola pemulasaran jenazah.

Kunjungan ini disambut baik oleh jajaran manajemen RSUD Wates beserta seluruh Civitas Hospitalia RSUD Wates. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan terkait prinsip-prinsip penerapan PPI pada masa pandemi COVID-19 sehingga dapat dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan keselamatan pasien beserta petugas. (tim)