Pelatihan Pencegahan dan Pengendalian Infeksi Covid 19

Peningkatan jumlah kasus Covid 19 yang cukup signifikan di kabupaten Kulon Progo berdampak terhadap tingginya tingkat hunian di ruang isolasi covid 19 di RSUD Wates maupun di Rumah Singgah Teratai. Hal tersebut menjadi salah satu pertimbangan agar segera diterapkannya tatalaksana penanganan Covid 19 sesuai dengan Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Covid 19 Revisi 5 yang dikeluarkan oleh Kementrian Kesehatan RI pada Juli 2020 yaitu pemberlakuan Isolasi Mandiri di Rumah bagi Pasien Konfirmasi Covid 19 tanpa gejala(asimtomatik) dan dengan gejala ringan.

Sebagai salah satu upaya mendukung kesiapan dan peningkatan kemampuan pemberdayaan masyarakat dan gugus tugas desa dan kecamatan di kabupaten Kulon Progo maka Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo bekerja sama dengan Tim PPI(Pencegahan dan Pengendalian Infeksi) RSUD Wates mengadakan Pelatihan Pencegahan dan Pengendalian Infeksi Covid 19 pada saat Isolasi Mandiri yang dilakukan pada Hari Selasa, 22 September 2020 di Pendopo Pondok Lestari, Beji, Wates.

Pelatihan ini bertujuan untuk mencegah penularan Covid 19 dan optimalisasi penerapan prinsip - prinsip PPI dengan melibatkan konsep pemberdayaan masyarakat serta gugus tugas agar pasien tetap mendapatkan perawatan dan pemantauan yang optimal sehingga segera sembuh tanpa menularkan pada masyarakat sekitar.

Kegiatan tersebut berjalan lancar dan diikuti oleh perwakilan dari Gugus Tugas desa dan kecamatan di Kabupaten Kulon Progo yang sangat antusias. Selain disampaikan paparan prinsip PPI selama isolasi mandiri dan penanganan jenazah Covid 19 di masyarakat juga dilakukan praktik Kebersihan tangan, Pemakaian Alat Pelindung Diri dan Pelepasannya serta diskusi terkait penanganan kasus Covid 19 di masyarakat.

Kegiatan ini sedianya juga akan dilakukan pada hari Kamis, tanggal 24 September 2020 di waktu dan tempat yang sama dengan peserta yang berbeda.