RUMUS ZERO COVID-19 = 3T + 3M – 3K

RUMUS ZERO COVID-19 = 3T + 3M – 3K

Dalam menghadapi Pandemi COVID-19 agar angka kejadiannya semakin berkurang, pemerintah bersama tim kesehatan tidak dapat berjalan sendiri. Diperlukan koordinasi dan kerja sama dari semua pihak, terutama masyarakat. Berbagai kebijakan yang dirancang takkan mampu menghentikan Pandemi ini tanpa peran serta aktif dari masyarakat, mulai dari level individu, keluarga, bahkan institusi/lembaga kemasyarakatan yang melingkupinya.

Bentuk koordinasi dan kerjasama antara pemerintah dan masyarakat ini dapat dirangkum menjadi suatu Rumus Zero Covid-19, yaitu 3T + 3M – 3K yang merupakan singkatan dari:

Tingkatkan 3T

  • Testing, yaitu menggencarkan pemeriksaan swab PCR untuk penegakan diagnosa COVID-19.
  • Tracing, yaitu menggiatkan penelusuran kasus yang kontak erat dengan penderita terkonfirmasi COVID-19.
  • Treatment, yaitu melakukan perawatan sesuai standar pada penderita COVID-19, terutama dengan melakukan isolasi baik secara mandiri maupun terpusat pada fasilitas pelayanan kesehatan.

Lakukan 3M

  • Menjaga jarak minimal 1,5 meter, baik di dalam maupun di luar ruangan, terutama ketika sedang berbincang, makan atau kegiatan lain yg mengharuskan berkumpul.
  • Memakai masker dengan benar, setidaknya menggunakan masker 3 lapis yang dipakai dengan erat tanpa celah yang memungkinkan udara keluar masuk dan menutupi hidung, mulut hingga dagu serta tidak menggantungkannya di dagu atau leher.
  • Mencuci tangan dengan benar, selama 40 – 60 detik menggunakan air mengalir dan sabun ATAU 20 – 30 detik menggunakan cairan yang mengandung alkohol 70%. Lakukan sesering mungkin dan dirasa perlu, terutama sebelum menyentuh mata, hidung, dan mulut.

Hindari 3K

  • Kontak erat. Batasi kontak fisik dengan penderita terkonfirmasi COVID-19. Tetap berikan dukungan secara sosial emosional melalui media komunikasi atau media perantara lainnya.
  • Kerumunan. Hindari kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan. Cari tempat, kesempatan, atau waktu lain yang lebih sepi, atau lakukan secara daring (dengan media internet).
  • Kamar/ruang tertutup. Usahakan untuk menciptakan ventilasi/sirkulasi udara ruangan yang baik. Buka pintu/jendela serta lakukan upaya lain untuk memperbaiki sirkulasi ruangan. Jika memungkikan, lakukan kegiatan di luar ruangan.

Dengan menerapkan rumus ini secara konsisten, kita pasti bisa mengakhiri pandemi ini. Bersama kita bisa. Salam sehat… (_pkrs@oktober2020_)