PERINGATAN HARI STROKE SEDUNIA: “WASPADA STROKE SEJAK DINI”

Hari Stroke Sedunia diperingati setiap tahun tanggal 29 Oktober. Peringatan ini merupakan salah satu wujud kampanye kesehatan agar kesadaran masyarakat akan pentingnya upaya pencegahan, perawatan, dan dukungan bagi penderita stroke terus meningkat, sehingga kualitas kesehatan masyarakat meningkat, jumlah masyarakat yang mengalami serangan stroke semakin berkurang, serta para penderita stroke tetap dapat mencapai derajat kesehatan yang optimal meskipun dengan gejala sisa yang ditimbulkan dari penyakit ini.

Stroke merupakan salah satu penyakit tidak menular yang perlu mendapatkan perhatian tersendiri, baik dari kalangan medis maupun masyarakat. Berdasarkan data Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, stroke menjadi penyebab kematian nomor satu di Indonesia setiap tahunnya. Dulu, Stroke diidentikkan dengan penyakit yang terjadi pada orang tua. Namun sekarang, banyak kejadian stroke yang juga menyerang orang yang masih tergolong muda, aktif, dan produktif.

Penyakit ini merupakan penyakit yang terjadi di dalam otak. Stroke terjadi ketika pembuluh darah yang membawa oksigen dan nutrisi ke otak tersumbat oleh gumpalan atau pecah. Ketika itu terjadi, bagian dari otak tidak bisa mendapatkan darah dan oksigen yang dibutuhkannya, sehingga sel-sel otak itu mati. Akibat terparah dari penyakit ini adalah kematian. Namun begitu, jika seorang penderita selamat dari serangan Stroke, orang tersebut tetap dapat mengalami gejala sisa yang dapat mempengaruhi aktifitas dan produktifitasnya dalam kehidupan sehari-hari.

Tak dapat dipungkiri bahwa pola dan gaya hidup masyarakat modern telah menjadi salah satu faktor penyebab angka kejadian Stroke semakin meningkat. Kurangnya aktifitas fisik, konsumsi makanan cepat saji, serta tingkat stres yang tinggi menjadi hal yang perlu kita waspadai agar terhindar dari penyakit mematikan ini.

Dalam upaya ikut mengkampanyekan pentingnya kewaspadaan terhadap penyakit Stroke, RSUD Wates akan mengadakan acara Bincang Santai dengan Dokter Spesialis Saraf kami, dr. Tis’a Callosum, M.Sc, Sp.S, melalui media sosial Instagram yang akan ditanyangkan secara langsung melalui akun @rsud.wates pada hari Kamis, tanggal 29 Oktober 2020, mulai pukul 19.00 WIB. Kami akan mengupas tuntas tentang berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit Stroke. Silahkan bergabung dengan kami dan sampaikan pertanyaan anda pada kolom komentar saat acara berlangsung. Jangan lupa ajak saudara, teman, dan tetangga agar ilmu ini tidak berhenti sampai disini saja. Semoga kita senantiasa diberikan kesehatan dan keselamatan sehingga mencapai hidup yang penuh manfaat untuk semua. Salam sehat… (_pkrs@oktober2020_)