HKN ke 56

SELAMAT HARI KESEHATAN NASIONAL KE-56,

INGAT 3M, BERSAMA KITA BISA SELAMATKAN BANGSA DARI PANDEMI COVID-19

Setiap tanggal 12 November, bangsa Indonesia memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN). Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, peringatan HKN tahun ini lebih memfokuskan pada upaya penanganan Pandemi COVID-19. Oleh karena peringatan HKN yang ke-56 ini dilaksanakan di tengah bencana kesehatan yang telah merenggut ribuan jiwa masyarakat termasuk tenaga kesehatan, Kemenkes RI mencanangkan tema “Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat” dengan sub tema “Jaga Diri, Keluarga dan Masyarakat, Selamatkan Bangsa dari Pandemi COVID-19”.

Melalui tema ini, pemerintah mengajak masyarakat agar tidak putus asa, tidak menyerah dan tidak kendor dalam menjaga kesehatan diri demi mewujudkan Indonesia Sehat serta menyelamatkan bangsa dari Pandemi COVID-19. Adanya Pandemi ini dapat kita jadikan momentum untuk mengubah perilaku masyarakat dan mendorong penguatan upaya kesehatan promotif dan preventif. Penerapan protokol kesehatan harus melibatkan semua lini masyarakat, mulai dari diri sendiri, keluarga, organisasi masyarakat, swasta, lembaga pemerintahan serta sektor pendukung lainnya.

Dalam situasi seperti ini, mau tidak mau kita harus dapat beradaptasi dengan kebiasaan baru yang selalu mengedepankan protokol kesehatan. Setiap melakukan aktivitas sehari-hari, kita harus selalu ingat untuk melaksanakan 3M, yaitu Menggunakan MASKER dengan benar, MenJAGA JARAK dan menghindari kerumunan serta MenCUCI TANGAN dengan air mengalir dan sabun atau Hand Sanitizer. Upaya ini harus tetap dilakukan secara konsisten oleh semua lapisan masyarakat.

Mari bersama kita terus bertekad dan berjuang keras menyelamatkan bangsa, melawan Pandemi COVID-19. Sekuat apapun upaya pemerintah dalam menangani pandemi ini, tidak akan cukup apabila tidak didukung oleh masyarakat dengan mematuhi protokol kesehatan. Semoga Tuhan selalu melindungi kita serta memberikan kesehatan dan keselamatan dalam menghadapi pandemi ini. Salam sehat… (_pkrs@november2020_)