PERESMIAN GEDUNG BARU RSUD WATES

PERESMIAN GEDUNG BARU RSUD WATES

Kamis 3 Nopember 2020, Peresmian gedung baru RSUD Wates secara virtual oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono  X , dalam laporannnya Bupati Kulon Progo Drs. H. Sutedjo menyampaikan ucapan terima kasih atas segala bantuan dan dukungan kepada RSUD Wates, pembangunan dimulai sejak Tahun 2015, hibah tanah 4,4 hektar, pembiayaan pembangunan gedung RSUD Wates bersumber dari BLUD RSUD Wates, APBD Kabupaten Kulon Progo dan APBD Propinsi DIY.

  1. Gedung tersebut saat ini sudah mulai beroperasi secara bertahap sejak bulan Maret 2020, Gedung Medik Terpadu sudah dioperasikan 90%, Gedung Rawat Inap dioperasikan 60 %. Sementara itu Gedung Asrama dioperasionalkan pada bulan Juli dimanfaatkan untuk isolasi mandiri masyarakat dengan kondisi positif Covid-19  dan tanpa gejala, sedangkan gedung Apartemen dioperasionalkan untuk isolasi mandiri bagi Nakes RSUD Wates.
  2. Beberapa kendala yang menyebabkan seluruh gedung belum dapat dioperasikan dengan optimal dikarenakan masih ada kekurangan Alkes, sarana prasarana, dan SDM
  3. Untuk mengatasi kendala kekurangan Alkes dan sarana prasarana kami usulkan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Kemenkes dan Bantuan Keuangan Khusus (BKK) dari Pemerintah DIY. Adapun untuk mengatasi kekurangan SDM kami menjalin kerja sama dengan RSUP dr. Sardjito dalam bentuk Syster Hospital. Dan RSUD Wates sebagai jejaring Akademik Health Sistem (AHS) sehingga selalu update dalam perkembangan ilmu p Pada hari ini di hadapan Bapak Gubernur kami laporkan di RSUD Wates dilakukan operasi bedah saraf sebagai tanda dimulainya kerja sama antara RSUP dr Sardjito Dan RSUD Wates.
  4. Kami menyampaikan harapan bahwa RSUD Wates akan tumbuh dan berkembang menjadi rumah sakit berstandar pelayanan internasional oleh karena itu kepada seluruh civitas hospitalia RSUD Wates mendorong dan mengapresiasikan momentum pindahan ke gedung baru juga ditengarai perubahan visi RSUD Wates baru yakni “Menuju Rumah Sakit Modern berstandar Internasional”. Kata modern berarti terbaru, mutakhir oleh karena itu secara bertahap rumah sakit ini harus melengkapi sarana prasarana, alat kesehatan dan teknologi informasi yang mutakhir. Kata modern juga berarti sikap dan cara berfikir serta bertindak dengan penuh etika dan profesionalisme.

Dilanjutkan dengan penandatanganan MOU Bupati Kulon Progo dengan Direktur RSUP dr. Sardjito Yogyakarta, Penandatanganan PKS RSUD Wates dengan RSUP dr. Sardjito disaksikan oleh Gubernur DIY dan penyerahan alat bedah saraf dari Gubernur DIY kepada DPJP Bedah Saraf.           

Dalam sambutannya Gubernur DIY,  menekankan bahwa Sejak pandemi Covid-19 Rumah Sakit  merupakan benteng terakhir  dalam perlawanan menghadapi pandemi Covid 19, Rumah Sakit diharapkan mampu mengoptimalkan seluruh suber dayanya dalam mengahadapi pandemi tersebut, tingginya angka kematian dokter dan paramedis yang terdapak  selain menjadi kepriha tinan juga memerlukan perhatian terhadap tata laksana yang penuh kehati-hatian. Peresmian tersebut di lajutkandengan penandatanganan prasasti oleh Gubernur DIY. 

 (admrsd)