PENCANANGAN VAKSINASI COVID-19 KABUPATEN KULON PROGO

PENCANANGAN VAKSINASI COVID-19 KABUPATEN KULON PROGO

Jum’at  29 Januari 2021 secara resmi Pencanangan Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Kulon Progo oleh Bupati Kulon Progo, dalam kesempaten tersebut ketua Panitia Pencanangan Vaksinasi Covid-19  di Kulon Progo dr. Sri Budi Utami, M.Kes melaporkan pada hari Rabu tanggal 27 Januari 2021, Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, melalui Dinas Kesehatan telah menerima 5.480 dosis vaksin, vaksin tersebut akan diberikan prioritas pertama penerima yakni tenaga kesehatan, dengan masing-masing nakes menerima sebanyak 2 (dua) dosis. Vaksin bagi tenaga kesehatan akan dikirim ke 21 Puskesmas, RSUD Wates, Rumak Sakit Nyi Ageng Serang dan Klinik Bhayangkara. Pelaksannaan vaksin untuk semua tenaga kesehatan yang melakukan pelayanan langsung berjumlah 2.740 nakes.

Untuk tahap pertama ini vaksinasi akan diberikan kepada 18 peserta antara lain Ketua DPRD Kabupaten Kulon Progo, Perwakilan Pemerintah Daerah,  Dinas Kesehatan, Kodim 0731 Kulon Progo, Polres Kulon Progo, RSUD Wates, RS Nyi Ageng Serang, PAFI, IDI, Perwakilan Agama Islam (2), Kristen, Khatolik, Budha, PDGI, IAI, PPNI dan IBI. Untuk yang pertama kali dilakukan Vaksinasi adalah Ketua DPRD Kabupaten Kulon Progo Ibu  Akhid Nuryati, SE, kemudian diteruskan kepada pejabat yang lain.

Dalam sambutannya Bupati Kulon Progo Drs. H. Sutedjo melalui kegiatan pemberian vaksin segera dapat dilaksanakan di Kabupaten Kulon Progo, terutama bagi tenaga kesehatan dan dilanjutkan ke masyarakat, sehingga  Kabupaten Kulon Progo segera terbebas dari pandemi Covid-19.

Dalam rangka menekanlaju penambahan kasus positif Covid-19, maka vaksinasi harus segera dilakukan kepada seluruh warga masyarakat. oleh karena itu saya selaku pimpinan di jajaran Pemerintah Kabupaten Kulon Progo , menghimbau kepada seluruh warga masyarakat Kulon Progo, ketika nanti tiba pada gilirannya untuk menerima vaksin, saya berharap masyarakat siap menerima vaksin tersebut, agar kasus positip Corona di Kabupaten Kulon Progo semakin berkurang dan kita bebas dari pandemi Covid-19.

Diakhir sambutannya Bupati Kulon Progo menekankan bahwa kita menerima vaksin bukan berarti bahwa kita tidak akan terpapar Covid -19, akan tetapi hanya akan meminimalkan resiko yang akan muncul jika terpapar Covid-19, atau dengan kata lain, salah satu upaya untuk menurunkan penderita, mencegah keparahan penderita , sekaligus mencegah kematian akibat Covi.d-19. Oleh karena itumari kita terapkan protokol kesehatan secara ketat dimanapun kita berada, minimal kita harus melaksanakan 3M (memakai masker, mencuci tangandan menjaga jarak).

(Ketua DPRD Kulon Progo setelah divaksin Covid-19)

 (admrsd)